Dari Desa Menuju Kota
|

Dari Desa Menuju Kota

sergapntt.com [BAJAWA] - SEJUMLAH analis di Ngada menyebut Drs. Petrus Tena dan Drs. Siprianus Radho Toly, PGD.MSc paling berpeluang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ngada periode 2010-2015. Itu karena kandidat dengan sandi TENAR tersebut dianggap lebih merakyat, lebih berkualitas, lebih energik, dan lebih berpotensi melakukan perubahan secara seporadic, cepat dan stategis demi menggapai masyarakat Ngada yang adil dan makmur. Petrus Tena dan Sipri Radho diyakini sangat paham dari titik mana pembangunan dimulai dan di titik mana pembangunan diakhiri.
Ngada mandiri! Ngada sejahtera! Impian ini yang memotivasi Pit Tena dan Sipri Radho ---begitulah Drs. Petrus Tena dan Drs. Siprianus Radho Toly, PGD.MSc akrab disapa--- untuk ikut bertarung di ring suksesi. Sebagai orang Ngada, Pit Tena dan Sipri Radho sangat tahu apa yang harus dibuat untuk Ngada. Mereka diasumsi sangat paham tentang seluk beluk pembangunan di Ngada. Itu pasalnya, mereka menawarkan perubahan yang cepat demi terwujudnya Ngada yang mandiri dan mampu bersaing dengan dunia luar. Paling tidak, lima tahun kedepan, Ngada dapat dikendalikan menjadi daerah otonom yang kompetitif di semua sektor pembangunan.
Untuk menggapai cita-cita itu, Pit Tena dan Sipri Radho sepakat pembangunan lima tahun kedepan dimulai dari desa menuju kota. Desa dijadikan sasaran prioritas pembangunan. Hasil yang diharapkan adalah membaiknya perekonomian desa. Dengan demikian geliat ekonomi di kota dipastikan meningkat secara otomatis. Kalau sudah begitu maka masalah pendidikan dan kesehatan bisa ditekan.
“Kapitalisasi desa harus segera dilakukan. Desa harus dijadikan sasaran utama pembangunan. Karena kekuatan ekonomi daerah sesungguhnya ada di desa. Itu yang akan kita lakukan untuk Ngada kedepan,” ujar Sipri Radho saat ditemui di kediamannya di Nasipanaf, Penfui Kupang, Rabu, (6/1/10).
Menurut Sipri Radho, pembangunan di Ngada mesti dilakukan berdasarkan potensi wilayah. Karena tidak semua wilayah memiliki karakter yang sama. Pelaksanaan pembangunannya pun harus dibuat lebih terfokus. Artinya, jika ingin memajukan pertanian, maka semua kekuatan harus dikerahkan ke sektor pertanian, atau jika sektor pariwisata yang mau digenjot, maka semua kekuatan pikiran, tenaga dan dana harus diarahkan ke sektor pariwisata. Penyelesaian masalah pembangunan pun harus dilakukan satu per satu. Tidak bisa serentak. Sebab dana yang dimiliki Ngada sangat terbatas.
“Dana kita terbatas. Kalau semua kita bangun serentak, mana cukup. Kita mesti selesaikan satu persatu. Sehingga perubahan bisa kelihatan,” ucapnya.
Hasil identifikasi Sipri Radho menyebutkan titik lemah pembagunan di Ngada lebih disebabkan oleh belum tercapainya good governance, keterbatasan dana serta belum maksimalnya pengeolaan potensi Sumber Daya Alam (SDA). Merujuk pada titik ini, paket TENAR merumuskan visi kepemimpinan Ngada yang berbasis sumber daya lokal melalui ethos kerja yang tinggi, kreatif dan inovatif.
“Di tanah Ngada, kita buang apa saja hidup. Tapi kenapa kita masih miskin di atas tanah kita sendiri. Itu karena kita kurang kreatif. Kedepan produk lokal yang ada kita mesti buat menjadi produk setengah jadi. Sehingga harga jualnya pun meningkat. Dengan begitu bisa membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi rakyat. Sebab, akar dari semua masalah yang menghimpit rakyat Ngada adalah kemiskinan. Untuk itu kemiskinan harus segera diberantas melalui program yang langsung menyentuh sendi perekonomian rakyat,” imbuhnya.
Itulah sebabnya, jika Tuhan berkehendak dan rakyat memilih, maka TENAR akan mengutamakan kepentingan rakyat. Apa yang menjadi hak rakyat akan diberikan kepada rakyat. Karena bagi paket TENAR, hidup ini akan lebih berarti jika berguna bagi orang lain. Di kedalaman prinsip hidup itu mengandung pesan bahwa TENAR akan bekerja dengan tulus hati. Sebab, sebagai putra Ngada, TENAR tentu bertanggungjawab penuh terhadap masa depan Ngada.
Semangat mengubah wajah Ngada juga diutarakan oleh Pit Tena. Saat dihubungi via telepon pada Jumat (08/01/10) lalu, ayah empat anak yang kini menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Ngada itu mengaku perubahan kedepan akan dimulai dari desa. Desa akan dijadikan basis penyelenggaraan pembangunan. Untuk itu pemerintahan desa akan ditugaskan untuk menyiapkan data-data akurat tentang kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
“Data itu akan menjadi dasar pijakan kita, apa yang mesti kita dahulukan atau apa yang perlu kita segera lakukan. Contoh data tentang berapa banyak masyarakat kita yang memiliki lahan pertanian tetap. Atau berapa banyak masyarakat kita yang masih hidup dibawah garis kemiskinan. Dengan data itu kita akan mampu melahirkan program atau kebijakan yang tepat guna bagi masyarakat desa,” paparnya.
Toh begitu, Pit Tena mengaku pembangunan mesti dilakukan secara bertahap. Sebab dana yang dimiliki Ngada sangat terbatas. Selama ini Ngada masih sangat tergantung terhadap subsidi pemerintah pusat.
“Selama ini banyak yang sudah kita lakukan. Tapi karena keterbatasan dana, maka kita selesaikan satu per satu,” tegasnya.
Yang pasti, kehadiran paket TENAR di bursa suksesi kali ini telah memberikan harapan adanya perubahan. Pengakuan ini terus berdatangan dari berbagai penjuru desa di Ngada. Karena itu para pelaku politik praktis meyakini paket TENAR akan menduduki tempat teratas dalam Pilkada Ngada 2010. Itu karena popularitas dan kualitas mereka sudah teruji. Sebagai birokrat handal Pit Tena dikenal luas kemasyarakatannya. Kemampuan memimpinnya tidak diragukan lagi. Berbagai job penting telah ia lakoni dengan baik. Keberpihakan terhadap orang kecil selalu mewarnai setiap derap kepemimpinannya.
Keunggulan yang dimiliki Pit Tena seakan menjadi lengkap ketika maju sebagai Calon Bupati Ngada ia didampingi oleh Sipri Radho. Selain masih muda dan energik, Sipri Radho juga punya segudang pengalaman dari dalam negeri dan luar negeri yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat Ngada. Pria jebolan Curtin University of Technology, Pert – Australia itu dipastikan akan mampu memberi nilai tambah bagi kemajuan Ngada. (by. chris parera)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
SERGAP NTT TEAM MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, SEMOGA BERMANFAAT 14.36.00 . atom

INFO TERKINI

Berita Terkini